Keuntungan dari Resensi

Duch, kenapa kemaren kok nggak bisa connect-connect sich modem ku. Di Handphone juga nggak bisa connect-connect ke internet, jadinya nggak bisa masuk ke akun jejaring sosialku. Tapi Alhamdullilah sekarang sudah bisa lagi, mungkin kemarin itu ada gangguan di operatornya yaitu telkomsel, soalnya ketika ku tanya ke teman-teman yang menggunakan modem ponsel yang memakai operator telkomsel juga nggak bisa connect-connect.

Gak usah dipikirin ah yang di atas tuh. Di postingan ini aku hanya ingin berbagi sedikit pengetahuan ku tentang resensi yang kebetulan pagi tadi di sekolah guru pembimbing study Bahasa Indoinesiaku, Pak Willy Ediyanto, menjelasakan apa itu resensi dan apa keuntungan dari manfaat kita membuat resensi.

Resensi adalah penilaian dari tukang resensi(pembaca) secara kritis setelah membaca isi buku, apa kelebihannya atau kekurangannya. Tukang resensi disini disebut sebagai peresensi. Resensi juga merupakan salah satu cara effektif untuk menambah penghasilan kita, karena resensi juga bisa membawa berkah lho..?? mau tau??? Nih beberapa keuntungan dari resensi:

  1. Peresensi akan mendapatkan uang jika, peresensi mengirimkan hasil resensinya ke surat kabar yang memberikan honor kepada peresensi.
  2. Jika surat kabar itu tidak melayani honor, paling tidak jika surat kabar itu memuat hasil resensi peresensi ke surat kabar itu, maka peresensi akan mendapatkan NAMA alias cukup terkenal di tempat beredarnya surat kabar itu.
  3. Jika peresensi mengirimkan hasil resensinya ke penerbit, mungkin pihak penerbit akan membalas kiriman resensi itu dengan beberapa buah buku gratis, paling tidak penerbit akan mengirimkan 3 buah buku kepada peresensi untuk diminta diresensi lagi. Jadi koleksi buku peresensi akan berkembang yang dari awalnya hanya 1 akan menjadi banyak karena mendapat kiriman buku gratis dari pihak penerbit jika peresensi tetap  meresensikan bukunya dan pastinya jika pihak penerbit juga mau membalas kirimannya.

Mungkin hanya 3 itu aja yang ku tau, coz aku inikan masih pelajar tingkat menengah, pengetahuanku masih minim. Mungkin sobat-sobat ada yang lebih tau dari aku, bisa berkomentar di bawah. Setelah ku browsing ke google, aku mendapatkan sebuah blog yang berisi beberapa hasil resensi,  sobat bisa meliahat blognya sebagai contoh dari resensi itu. Nih linknya.

RESENSI BUKU

Itu linknya. Sekian dulu sob, semoga postingan ku ini sedikit memberi pengetahuan, walaupun hanya sedikit. Yang penting tetap berbagi, hehehehe…..

 

UPDATE dari Masukan Komentar

Sip. Benar itu yang saya utarakan di kelas beberapa waktu yang lalu. Itu dari segi material. Yang lainnya, ya tentu saja peresensi bertambah pahalanya karena membagikan ilmu dari buku yang dibacanya. Pahala yang lain karena ikut menambahpenghasilan penerbit dari buku-buku yang terjual karena resensi yang telah dibuatnya. Pahala yang ain lagi, karena telah mau belajar dan mau berbagi ilmu. (Willy Edianto).

22 Responses to Keuntungan dari Resensi

  1. Fuad Chumay mengatakan:

    Mantap bos atas infor nya

  2. iam mengatakan:

    Aaah jadi inget jaman SMK kemarin, diajarin juga materi resensi ini :)
    Sempet kepikiran juga buar bikin resensi buku, tapi baru inget kalau lagi banyak tugas, jadi gak ada waktu.. #sokSibuk

  3. kezedot mengatakan:

    mantab
    menarik
    thx y to postnya
    salam kehangatan

  4. bensdoing mengatakan:

    sebelumnya jabat tangan dulu ya :-)
    klo senggang mmpir2 dimari sob http://bensdoing.wordpress.com

  5. Willy Ediyanto mengatakan:

    Sip. Benar itu yang saya utarakan di kelas beberapa waktu yang lalu. Itu dari segi material. Yang lainnya, ya tentu saja peresensi bertambah pahalanya karena membagikan ilmu dari buku yang dibacanya. Pahala yang lain karena ikut menambahpenghasilan penerbit dari buku-buku yang terjual karena resensi yang telah dibuatnya. Pahala yang ain lagi, karena telah mau belajar dan mau berbagi ilmu.

  6. tuaffi mengatakan:

    jadi pengen jadi peresensi. :D

    salam kenal..

  7. yisha mengatakan:

    ehm,… pengin nimbrung…

  8. sulunglahitani mengatakan:

    Walah, jadi inget waktu praktek kerja lapangan jadi guru dulu.
    Materi ini sempat diberikan ke murid2 saya. HEhe

  9. Irfan Handi mengatakan:

    Info yang bermanfaat bagi pelajar khususnya.
    terimakasih telah berbagi.

  10. saya sendiri mengatakan:

    pengen jadi peresensi, hihihi.. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.